Selasa, 27 September 2011

Fakta Tentang Gunung Ungaran

Share berita pagi ini adalah tentang gunung ungaran gan, sebagai info tambahan yang mau tau tentang gunung ungaran monggo langsung aja di baca gan..

Gunung Ungaran merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Ungaran mempunyai ketinggian setinggi 2.050 meter. Gunung Ungaran mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di lereng gunung ungaran terdapat situs arkeologi berupa Candi Gedongsongo (gedong= gedung, songo= sembilan). Selain peninggalan arkeologi terdapat pula beberapa curug (air terjun) di antaranya: curug semirang dan curug lawe. Juga terdapat gua, yang terkenal adalah gua jepang. Gua ini terletak 200 m sebelum puncak, tepatnya di sekitar perkampungan promasan (perkampungan para pemetik teh).
Gunung Ungaran dapat didaki dari Jimbaran - Ungaran, atau dari Taman Wisata Candi Gedung Songo - Ambarawa. Dengan menggunakan kereta api Tawang Jaya dari stasiun Senen Jakarta menuju stasiun Poncol - Semarang. Dari stasiun poncol ini kita naik bus kota menuju terminal Terboyo, dilanjutkan dengan bus kecil jurusan Bandungan.

Gunung Ungaran terletak di sebelah Selatan - Barat Daya kota Semarang dengan jarak sekitar 40 Km, tepatnya berada di kabupaten Semarang. Gunung Ungaran termasuk gunung berapi berapi type strato. Gunung ini terdiri dari tiga buah gunung yakni Gn. Gendol, Gn.Botak, dan Gn. Ungaran. Puncak tertinggi Gn. Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl. Untuk menuju puncak Gunung Ungaran ini dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dari candi Gedung Songo, atau sekitar 8 jam dari Jimbaran.


Gunung ini sangat istimewa yakni adanya panas bumi di sisi selatan dan sisi utara gunung, juga di kaki gunung di sebelah timur. Panas tertinggi berada di Gedongsongo dengan adanya uap panas dan kolam bersuhu 86°C juga sumber mata air panas. Disebelah utara Gn. Ungaran terdapat beberapa sumber air panas dengan suhu berkisar 48°C and 53°C. Air panas yang terdapat di sebelah timur gunung memiliki suhu yang hangat berkisar 42°C. 
 


Panas yang dihasilkan di sekitar Gedungsongo ini berhubungan dengan aktivitas termuda gunung berapi yang terjadi pada gn.Ungaran, yakni sejak adanya aliran lahar andesive di kawah di sebelah utara. Tidak ada catatan mengenai sejarah letusan gn.Ungaran. Beberapa kali aktifitas letusan pernah terjadi di tengah-tengah gunung dekat puncak gn. Ungaran, sehingga membentuk gunung berapi. 
unung ungaran yang terletak Ungaran barat , merupakan gunung vulkanis yang masi aktif yang didalamnya masi mengeluarkan panas bumi dan sumber mata air panas yang bercampur dengan Sulfur (belerang) 'bisa ditenukan di gedongsongo.
Dr. Jenneth yang mengatakan "bahwa bionergi di kawasan Gunung Unggaran ini terbaik di Asia bahkan lebih baik daripada pegunungan Tibet di Asia Timur".
Gunung ungaran sebagian besar merupakan wilayah pasukan kostrad DADIM TNI AD, dan juga milik Perhutani ungaran
Ungaran yang kaya akan potensi sumberdaya hewan, tumbuhan dan mineral. tiap tahunnya berkurang sedikit demi sedikit. tentang potensi sangat banyak dan beragam dari
  • sumber air,
  • geo thermal (panas bumi yang akan dikembangkan),
  • getah pinus,
  • teh,
  • pasir,
  • batu,
  • kebun kopi,
  • bunga pinus,
  • pertanian sayur (daun bawang, kol dsb),
  • bunga,
  • pariwisata (alam dan budaya) serta penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar