Selasa, 27 September 2011

Safety riding

Ini gan buat yang suka berkendara dengan motor, ada beberapa info yang bisa di share..

Sebagai penambah wawasan, pada tips kali ini akan membahas lebih luas lagi mengenai safety riding.

Secara umum dan teori sefety riding itu bisa diartikan sebagai kondisi dan cara berkendara seorang pengendara motor yang benar, ideal, dan aman (safety) baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain di sekitar kita. Di dalam safety riding terdapat empat poin penting yang harus dipenuhi sehingga dapat menentukan seberapa aman kah seseorang ketika berkendara, Yaitu :


1. Perlengkapan Berkendara

Lengkapi diri kamu dengan perlengkapan berkendara yang wajib dikenakan oleh pengendara motor ketika berkendara, apa lagi kalau bukan helm SNI, sarung tangan, jaket pelindung, celana panjang, sepatu dan termasuk salah satunya SIM. Karena seorang pengendara motor yang memiliki SIM seharusnya bisa berkendara secara disiplin.

2. Kondisi Motor

Kondisi dan kelengkapan motor yang baik dan lengkap seperti kondisi mesin, kelistrikan, gear set, ban, rem, lampu, kaca spion, dll. Jadi cek kondisi dan kelengkapan motor kamu sebelum mulai berkendara, agar performa motor tetap terjaga lakukan service ringan dan besar secara berkala.

3. Cara Berkendara

Posisi berkendara harus ideal dan bekali juga diri kamu dengan pengetahuan tentang rambu lalu-lintas dan tata cara berkendara di jalan raya, contohnya selalu menyalip kendaraan lain dari sebelah kanan, tidak melakukan kegiatan lain selagi berkendara (menelpon, sms, mendengarkan musik), tertib pada peraturan dan tidak ugal-ugalan. Di banyak kasus, kecelakaan motor lebih sering diakibatkan oleh faktor manusia itu sendiri selain faktor kendaraan atau fasilitas jalan yang rusak.

4. Menguasai Teknik Berkendara
Bukan cuma Pembalap yang harus bisa gan.
Sebagai pengendara yang smart, kita harus menguasai berbagai macam teknik berkendara. Beberapa teknik berkendara yang wajib kita kuasai adalah :
- Teknik pengereman, baik menggunakan rem depan, rem belakang, dan kombinasi antara keduanya.
- Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit, berguna untuk melatih keseimbangan tanpa menurunkan kaki.
- Slalom, bermanufer ke kiri dan ke kanan, bisa bermanfaat ketika kita berkendara di jalan yang padat atau macet.
- Bumpy road, teknik berkendara ketika melaju di atas jalan yang tidak rata atau bergelombang tanpa tergelincir. 
 Semoga bermanfaat gan....
sumber : welovehonda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar